Senin, 23 Mei 2011

UJIAN PRAKTIKUM


I.
1.Nama Musium dan Alamatnya
Museum Satria Mandala  dan  14 Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta 12190
(021) 5227949 
2.Profil Musium
Museum Satria Mandala
Museum Satria Mandala adalah museum sejarah perjuangan Tentara Nasional Indonesia yang terletak di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Museum yang diresmikan pada tahun 1972 oleh mantan Presiden Indonesia, Soeharto ini awalnya adalah rumah dari salah satu istri mantan Presiden Indonesia, Soekarno, yaitu istrinya yang bernama Ratna Sari Dewi Soekarno


3. Apa koleksinya
peralatan perang di Indonesia, dari masa lampau sampai modern. Ada koleksi ranjau, rudal, torpedo, tank, meriam bahkan helikopter dan pesawat terbang
4.Harga tiket masuk
  Dewasa : Rp5000
  mahasiswa : Rp 3000
  Anak : Rp 1000

5. Manfaat apa yang dapat diperoleh di musium tersebut
    sangat penting terutama kita bisa melihat hasil karya dahulu dan kita bisa semangat lagi untuk maju kedan melihat kesuksesan dari peninggalan2 yang ada trutama dimuseum



II.

1. Nama Musium dan Alamatnya
Museum Bahari Indonesia ,Jl. Pasar Ikan no 1. Jakarta Utara, Telepon: 6693406

2. Profil Musium





Museum ini juga memiliki berbagai model kapal penangkap ikan dari berbagai pelosok Indonesia termasuk juga jangkar batu dari beberapa tempat, mesin uap modern dan juga kapal Pinisi (kapal phinisi Nusantara) dari suku Bugis (Sulawesi Selatan) yang kini menjadi salah satu kapal layar terkenal di dunia.

3. Apa koleksinya
Koleksi yang ditampilkan pada Museum ini terdiri dari berbagai jenis perahu klasik jaman VOC, perahu tradisional Nusantara sampai miniatur kapal Modern. Selain itu disajikan pula perlengkapan penunjang pelayaran seperti alat-alat navigasi, jangkar, teropong, model mercusuar dan aneka ragam meriam.
Pada sisi lain ditampilkan pula koleksi biota laut, ikan diperairan Indonesia, teknologi pembuatan-pembuatan perahu tradisional, serta folklore adat istiadat masyarakat nelayan Nusantara.

4.Harga Tiket Masuk
Dewasa Rp 2.000
Pelajar/Mahasiswa Rp 1.000
Anak-anak  Rp 1.000


5. Manfaat apa yang dapat diperoleh di musium tersebut

maka derajat keberhasilan bangsa Indonesia juga ditentukan dalam memanfaatkan dan mengelola wilayah laut yang luas tersebut. Keunikan dan keindahan serta keanekaragaman kehidupan bahwa lut dari kepulauan Indonesia yang membentang luas di cakrawala khatulistiwa masih banyak menyimpan misteri dan tantangan terhadap potensinya.


IlI.

1. Nama Musium dan Alamatnya
nama Museum: MUSEUM NASIONAL
Alamat Jalan Medan Merdeka Barat 12, Jakarta 10110

2. Profil Musium


Museum Nasional sebagai sebuah lembaga studi warisan budaya dan pusat informasi edukatif kultural dan rekreatif, mempunyai kewajiban menyelamatkan dan melestarikan benda warisan budaya bangsa Indonesia. Hingga saat ini koleksi yang dikelola berjumlah 141.899 benda, terdiri atas tujuh jenis koleksi yaitu prasejarah, arkeologi, keramik, numismatik-heraldik, sejarah, etnografi, dan geografi.


3. Apa koleksiny
Arca Dan Numismatik

4.Harga Tiket Masuk

   Dewasa  6000(perorang)
   mahasisa Rp 5000 (Perorangan)
   anak Rp 3000 (perorang)

5. Manfaat apa yang dapat diperoleh di musium tersebut
Museum ini sangat dikenal di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya penduduk Jakarta. Mereka menyebutnya manfaatnya sangat penting khususnya warga jakarta agar penduduk jakarta lebih tau arti pentingnya museum untuk dijaga dan mengingat perjuangan pahlawan dahulu.


IV.
1. Nama Musium: Museum Wayang,
   alamat: jln. pintu besar utara no.27 jakarta barat 11110
2. Profil Musium

Museum Wayang memamerkan berbagai jenis dan bentuk wayang dari seluruh Indonesia, baik yang terbuat dari kayu dan kulit maupun bahan-bahan lain. ...

3. Apa koleksinya
  wayang kulit,wayang golik,wayang klitik,wayang mainan.

4. Harga Tiket Masuk
   dewasa :Rp 2000
   mahasiswi: Rp 1000
   anak :Rp 600

5. Manfaat apa yang dapat diperoleh di musium tersebut.
bisa mengetahui macam macam wayang yg ada di indonesia.


V.
1. Nama Musium dan Alamatnya
Museum Fatahillah,Jl. Taman Fatahillah No. 1 Jakarta Barat

2. Profil Musium
Museum Sejarah Jakarta

Gedung ini dulu adalah sebuah Balai Kota (bahasa Belanda: Stadhuis) yang dibangun pada tahun 1707-1710 atas perintah Gubernur Jendral Johan van Hoorn. Bangunan itu menyerupai Istana Dam di Amsterdam, terdiri atas bangunan utama dengan dua sayap di bagian timur dan barat serta bangunan sanding yang digunakan sebagai kantor, ruang pengadilan, dan ruang-ruang bawah tanah yang dipakai sebagai penjara.
   

Museum Tekstil Jakarta merupakan sebuah lembaga edukatif kultural yang mengemban misi untuk melestarikan budaya tekstil tradisional Indonesia. Sebagai satu-satunya Museum Tekstil di Jakarta dan pertama di Indonesia yang memiliki tugas khusus tersebut, Museum Tekstil senantiasa berupaya untuk menjalankan fungsinya melalui berbagai program kegiatan yang digelar bagi publik.

 

3. Apa koleksinya

Terdapat juga berbagai koleksi tentang kebudayaan Betawinumismatik, dan becak. Bahkan kini juga diletakkan patung Dewa Hermes (menurut mitologi Yunani, merupakan dewa keberuntungan dan perlindungan bagi kaum pedagang) yang tadinya terletak di perempatan Harmoni dan meriam Si Jagur yang dianggap mempunyai kekuatan magis. Selain itu, di Museum Fatahillah juga terdapat bekas penjara bawah tanah yang dulu sempat digunakan pada zaman penjajahan Belanda.

4. Harga Tiket Masuk
Dewasa Rp. 2000
Mahasiswa Rp. 1000
Pelajar/Anak Rp. 600

5. Manfaat apa yang dapat diperoleh di musium tersebut
manfaat bisa menjadi tempat bagi semua orang baik bangsa Indonesia maupun asing, anak-anak, orang dewasa bahkan bagi penyandang cacat untuk menambah pengetahuan dan pengalaman serta dapat dinikmati sebagai tempat rekreasi.





































Tidak ada komentar:

Posting Komentar